Manusia dan cinta kasih


Assalamu’alaikum Wr.Wb
                Apa sih cinta kasih itu ? mari kita kulik secara dalam
Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata Kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Cinta sama sekali bukan nafsu, pernyataan tersebut sangat penting khususnya bagi remaja yang tingkat nafsu seksualnya sedang bergejolak. Perbedaan antara cinta dan nafsu adalah :

- Cinta bersifat manusiawi, hanya pada manusialah Cinta timbul dan berkembang, sedangkan pada binatang terbats pada naluri untuk melindungi.

- Cinta bersifat rokhaniah, sedangkan cinta sifatnya jasmaniah. Rasa cinta dapat memberikan semangat dalam hidup bagi orang yang mencintai dan bagi yang menerimanya, dirasakan sebagai kebahagiaan. Sedangkan nafsu cenderung memuaskan dorongan seks semata.

- Cinta menunjukkan perilaku memberi, sedangkan nafsu senantiasa menuntut.
Dalam bukunya Seni Mencintai, Erich Fromm (1983:24-27) menyebutkan bahwa cinta itu terutama member bukan menerima. Cinta selalu menyatakan unsur-unsur dasar tertentu yaitu:

- Pengasuhan, contohnya adalah cinta seorang ibu kepada anaknya.

- Tanggung Jawab, adalah tindakan yang benar-benar berdasar atas suka rela, oleh karena itu tanggung jawab merupakan penyelenggaraan atas kebutuhan fisik.

- Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain, terutama agar mau membuka dirinya, memperhatikan sebagaimana adanya.

- Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia.
Ini kisah Cinta Kasih gua :
Oke jadi pada intinya kalian sudah pada tahu yah yang namanya cinta, sayang dan kasih, dll. Semua orang pasti pernah merasakan cinta, entah menyukai seseorang ataupun dicintai seseorang, gua mau berbagi pengalaman nih tentang perjalanan cinta gua, asseekk ! haha , oke pada awalnya gua itu ga terlalu memikirkan hal yang namanya pacaran, memang gua ini tipekal orang yang cuek akan hal cinta, tapi ya pasti ada orang yang gua sayang haha, hewan aja punya kasih sayang, masa manusia nggak, nggak normal nanti hehe, oke langsung masuk ke cerita gua aja deh
Ini kisah asli gua, pada jaman SMP gua udah mulai merasakan namanya suka seseorang, gua dulu anak pindahan dari smp lain, memang pada awalnya sih gua sekedar suka aja ngeliat dia, emang dia juga dikenal sebagai cewe tercantik pada waktu SMP, ya mungkin kayak cerita beauty and the beast kali, haha gua orang yang tak pandai dalam hal cinta, dan sampai akhirnya pun kita berpisah karena lulus-lulusan, dan saat ini dia udah jadi model aneka yess sekarang ini, lanjut perjalanan cinta di SMK, hemm nothing special di SMK soalnya SMK gua tuh rata-rata cowok, jadi ga seger gitu kalo di kelas, dan tapi untungnya sekolah gua tuh bersebelahan dengan SMK yang jurusannya cewe semua, haha ya lumayan lah kalo lagi belajar sambil lirik ke jendela, dan untungnya banyak banget yang gua kenal di SMK sebelah sekolah gua itu, dan someday gua suka sama seseorang dari SMK itu yang berinisial RC, dan tapi pada akhirnya malah temen gua yang jadian sama dia dan awalnya tanpa bilang-bilang, oh God it’s HURT!! Hehe seperti di film Suckseed, makanya gua suka film itu karena sesuai dengan cerita gua ini, Temen makan Temen , dan pada akhirnya gua pun jadian sama mantan temen gua itu, ya so far so good lah jadi kayak orang versus gitu hehe, dan pada akhirnya temen gua itu ngalah, ya wajar sih dia ngalah dan putus, dia nyakitin gua dari belakang, dan pada akhirnya pun kita berdamai dan saling maaf-maafan kayak lebaran deh, hehe dan pada akhirnya gua pun kuliah, as long as gua kuliah gua ga pernah mikirin cewe dan pacar, karena memang tujuan utama gua tuh mengejar IP gua semoga bagus, dan membanggakan orang tua gua, ya walaupun ga mikir cewe sih, tp tetep wajar kalo gua lirik sana lirik sini, haha tapi dari semua orang yang paling gua cinta itu yang pertama dan kedua itu ALLAH, Nabi Muhammad, orang tua, dan keluarga sekarang ini, dan tapi tetep gua ga bias melupakan “CKR” itu inisial First Love and Love at first sight gua waktu SMP, sampai sekarang gua masih sayang dan cinta sama dia .
Ya mungkin itu aja perjalanan cinta kasih gua selama ini, hehe gua minta maaf kalo ada yang merasa tersindir atau apa karena ini isi hati dan perjalanan cinta gua dari SMP sampai sekarang, sekian Terima Kasih
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini