Tips berbelanja di Negara lain


halo guys, saya ingin berbagi info sedikit buat kalian semua nih, saya ingin memberitahu anda tips berbelanja di Negara lain, tips-tips ini dari pengalaman saya ketika berbelanja di luar, berbelanja, elektronik berupa HP, berbelanja oleh-oleh dan lainnya, oke pertama-tama atau langkah pertama. Usahakan kalian bisa menawar dengan bahasa dari negara itu, contoh ketika saya di Singapore, cobalah untuk menawar dengan menggunakan Singlish (Singapore English) misalnya, ya. can buy 10S$ for 4 bags laa aunty, usahakan untuk membuat mereka nyaman dengan kita, jangan sampai ketika kita membelinya karena kita miss komunikasi dengan penjualnya, karena dia yang tidak terlalu bisa bahasa kita atau kita tidak bisa mengerti apa yang dia maksud, sejujurnya diantara semua negara yang pernah saya datangi itu paling enak berbelanja di Thailand, karena harganya pun tidak terlalu mahal dan penjualnya sangat open jika kita berusaha berinteraksi dengannya dengan bahasa mereka, dan mereka sangatlah senang kalau kita bisa sedikit bahasa mereka, dan mereka tidak tanggung-tanggung untuk memberikan diskon setengah harga jika kalian mempuyai jiwa menawar ditambah lagi kalian bisa merayu penjual dengan bahasa mereka, hehe tapi tips dari saya sih mending hapal sedikit aja, kata-kata yang perlu kalian hapal dalam berbelanja adalah bahasa ini
How much is it? kalau dalam bahasa Thailand Nee thau rai na krub?
can you give me a lower price? kalau dalam bahasa Thailand se song lod rakai na krub?
how much si that? kalau dalam bahasa Thailand Nan thau rai na krub?
dan mungkin ditambah-tambah lagi dengan basa basi bahwa kalian mencintai negara itu, misalnya kalian menceritakan sedikit tentang opini kalian dengan negaranya, dan usahakan kalian memberikan opini positif agar si penjual semakin tertarik dengan anda, contoh I love Thailand atau kalian ucapkan Phom chob muang Thai mak mak na krub, dari pengalaman-pengalaman saya selama saya belanja di luar negeri dalam pembelian apapun saya selalu bilang kata-kata I love negara itu, dan mungkin saya nggak akan bosan untuk kesini lagi dan berbelanja di tempat kamu lagi, ya basa-basi lah dikit haha, itu saya menggunakan campuran english dan bahasa dari negara itu, kalau Malaysia ya gunakan bahasa Indonesia, karena mereka mengerti dengan apa yang kita bicarakan, oh ya satu tips lagi jangan pernah menyerah untuk menawar, tawarlah setengah dari harga itu, karena saya dapat informasi dari teman saya asli dari sana bilang, kalo kami yang beli itu kurang lebih setengah harga, yaa, kita kan turis udah dapet setengah harga lebih aja udah untung ya, hehe atau kalian coba mencari teman orang asli sana dan kalian ajak belanja bareng, ya itu merupakan tips tambahan dari saya, hehe sekian tips pendek dari saya, terima kasih semua... ^^



Komentar

Postingan populer dari blog ini