RESUME (PENENTUAN HARGA PERMINTAAN DAN PENAWARAN)




NAMA : CHAEDAR AMMAR
KELAS : 2KA06
NPM : 11111600

 Assalamu'alaikum wr.wb
             Hukum sebuah Permintaan apabila sebuah harga naik maka jumlah permintaan sebuah barang otomatis akan berkurang, dan sebaliknya jika harga turun maka jumlah permintaan sebuah barang otomatis akan bertambah. dalam hukum permintaan jumlah barang yang diminta akan berbanding terbalik dengan tingkat harga barang. Kenaikan harga barang akan menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang diminta, hal ini dikarenakan:
naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah.
contoh kecilnya ketika harga bawang dan harga cabe melonjak naik karena hal tertentu, dan disitu juga permintaan sebuah barang menjadi berkurang seiringnya waktu,  tapi jika harga dari barang tersebut akan menurun maka permintaan akan naik lagi, berbicara real ketika seseorang hendak membeli bawang yang hanya beberapa ribu/kg dan tiba-tiba naik jadi puluhribu/kg maka orang itupun malah tidak membeli barang tersebut karena harganya yang melonjak, dan pada akhirnya harga barang itupun akan turun sehingga permintaan pun akan kembali normal (bertambah)

              Hukum sebuah Penawaran apabila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Dalam hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat harga, di hukum penawaran hanya menunjukkan hubungan searah antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.
contoh kecilnya pada kenaikan harga iPhone karena seiring kenaikan harga bahan baku dan penawaran yang tinggi maka harga iPhone pun meningkat akibat meningkatnya harga iPhone maka penawaran barang yang ditawarkan perusahaan apple ini pun menjadi lebih meningkat.

            tanggapan dari saya : setiap barang pasti ada penawaran dan permintaan, maka jika sebuah barang tersebut melunjak tinggi maka barang tersebut akan kurang laku akibat permintaan yang berkurang tetapi jika tingkat sebuah harga akan meningkat maka jumlah sebuah barang yang ditawarkanpun akan meningkat karena penawaran dari sebuah perusahaan, jadi permintaan dan penawaran itu sangatlah bertolak belakang. jika ada sebuah kasus pembelian sebuah barang yang gagal (cacat pabrik) maka barang tersebut akan di repair ulang dengan biaya gratis, contohnya pada mobil Jazz, pada saat itu terdapat kecacatan serentak pada mobil jazz tersebut, sehingga para pembeli jazz tersebut diharuskan untuk service massal tetapi mungkin tidak ada sebuah barang yang sudah dibeli dan dikembalikan uangny, setidak-tidaknya perusahaan tersebut hanya memberikan service gratis dengan jangka waktu garansi yang lebih panjang, sekian dan terima kasih, wassalamu'alaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini